RSK DHARMAIS DAN LA TROBE UNIVERSITY SELENGGARAKAN THE COLLABORATIVE SEMINAR “MENTAL HEALTH IN CANCER NURSING”

Jakarta, 18 Mei 2024

Pusat Kanker Nasional, Rumah Sakit Kanker (RSK) Dharmais bekerjasama dengan La Trobe University Australia menyelenggarakan seminar kolaboratif secara daring dengan tema “Mental Health in Cancer Nursing", yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan dapat disaksikan juga melalui Youtube RSK Dharmais, Sabtu (18/5).

Pada kesempatan ini, Direktur Utama RSK Dharmais, dr. R. Soeko W. Nindito D., MARS menyampaikan tentang tujuan dari seminar ini adalah upaya bersama yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian peserta tentang kesehatan mental dalam keperawatan kanker sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan pasien.

“Pelayanan kanker itu tidak hanya tentang diagnostik dan pengobatan saja, terkadang sering kali ditemukan masalah psikososial yang dialami pasien kanker. Untuk itu, kita harus menambah keahliannya untuk dapat membantu pasien tersebut”, ujarnya.

Fokus dalam seminar, yakni kebutuhan kesehatan mental pasien kanker dengan tujuan untuk meningkatkan perawatan holistik yang diberikan oleh perawat dengan memastikan bahwa pasien menerima dukungan komprehensif yang mencakup kebutuhan fisik dan psikologisnya.

Soeko berharap seminar ini bisa menjadi awal dari langkah kecil untuk menciptakan pelatihan reguler yang berkelanjutan tentang kesehatan mental dalam layanan kanker sehingga kedepannya dapat terus berkembang lebih luas lagi di Indonesia.

Diketahui, seminar kolaboratif daring ini diikuti oleh 375 peserta nasional dari berbagai rumah sakit, pusat kesehatan masyarakat, dan institusi pendidikan dengan menghadirkan beberapa pembicara nasional dan internasional yang berbagi keahlian dan wawasan mereka tentang kesehatan mental dalam keperawatan kanker.

Dalam rangkaian kegiatan, seminar terbagi menjadi 3 sesi. Para pembicara dalam sesi pertama, diantaranya Kepala Bidang Pelayanan Keperawatan RSK Dharmais, Retno Purwanti S.Kep.,Ns., M.Biomed dengan topik pembahasan The Importance of Mental Health in Cancer Care Services and the Overview of Cancer Patients at RSK Dharmais. Kemudian, Professor of Nursing of La Trobe University, Debbie Kirk DNP, FNP-BC, NP-C, AOCN, GC-PH, FAANP dengan topik Measuring Distress in Cancer Care - What the evidence tells us dan Psikiater, Subspesialis Geriatri Psikiatri RSK Dharmais, dr. Rahajeng Dewantari, Sp.KJ, Subsp.Ger(K) dengan topik The Referral System for Cancer Patients to Psychiatric Treatment.

Sementara itu, pembicara sesi kedua seminar, yakni Professor of the Nethersole School of Nursing, The Chinese University of Hong Kong, Prof. Winnie K.W.So PhD, RN, FAAN dengan topik Roles of Global Oncology Nurses in Providing Psychosocial Supportive Care to Patients with Cancer: Impact and Challenges, dan Ahli Onkologi Geriatri RSK Dharmais, dr. Ratna Nurhayati, Sp.PD, KGer. FINASIM dengan topik Cancer Management in Elderly.

Pada sesi ketiga, pembicara seminar menghadirkan Profesor Keperawatan dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. Budi Anna Keliat, SKp., M.App.Sc. dengan topik Maintaining the Mental Health of Oncology Nurses as Providers of Cancer Nursing Care with Many Challenges dan School of Nursing and Midwifery, Lecturer of La Trobe University, Ms. Hosu Ryu RN, BN, MANP (Mental Health), PhD candidate, HEA fellow dengan topik Mental Health Assessment: A Skill Required for All Nurses.

Berita ini disiarkan oleh Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat, Pusat Kanker Nasional, Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Share:

Tags: The Collaborative Seminar Mental Health In Cancer Nursing

Leave a Comment