Pengobatan kanker anak berbeda daripada dewasa, karena anak bukan dewasa. Jenis kanker anakpun berbeda dari jenis kanker dewasa. Di rumah sakit yang ada pelayanan kanker anak, Leukemia adalah kasus tertinggi, sekitar 60-70%. Di Rumah Sakit Kanker Dharmais tahun 2018-2020, Leukemia menempati urutan pertama, kemudian di ikuti Rabdomiosarcoma, Limfoma (kanker kelenjar), Tumor otak, Karsinoma nasofaring, sedang Retinoblastoma (kanker retina mata) menempati urutan terakhir.

Diagnosis kanker pada anak berbeda dengan kanker dewasa yang bisa di deteksi dini, yaitu pada usia tertentu seorang dewasa laki-laki atau perempuan harus memeriksakan kesehatannya pada usia tertentu. Kanker pada anak hanya dapat di kenali secara lebih awal atau lebih dini. Retinoblastoma adalah satu-satunya kanker pada anak yang dapat dilakukan deteksi secara dini, karena bila seorang anak dengan Retinoblastoma, maka segera setelah adik pasien lahir, harus di periksakan retina matanya karena jenis kanker ini bisa di dapatkan 50% pada adik pasien.

Jumlah kasus Leukemia Limfoblastik Akut (LLA) terbanyak di RS Kanker Dharmais pada tahun 2018-2020. Pengobatan leukemia adalah kemoterapi, pengobatan suporif dan radiasi bila di perlukan. Penegakkan diagnosis berdasarkan gambaran sumsum tulang, imunofenotiping dan beberapa faktor prognosis lain yang dapat dilakukan di RS Kanker Dharmais seperti BCR-ABL (pemeriksaan molekular untuk mengetahui adanya translokasi kromosom), MLPA (Multiplex Ligation-dependent Probe Amplification), sitogenetik (untuk mengetahui kelainan genetik pada pasien leukemia) dan MRD (Minimal Residual Disease) untuk mengetahui sisa sel kanker pada leukemia.

Rumah Sakit Kanker Dharmais dilengkapi fasilitas khusus perawatan kanker anak, selain ruang anak dan ruang remaja, juga dilengkapi PICU (Pediatric Intensive Care Unit) khusus untuk kanker anak. Unit transfusi darah, hingga memudahkan pasien untuk mendapatkan transfusi darah merah, trombosit dan dilengkapi alat apheresis.

Pengobatan kanker pada anak minimal 18 bulan pada tumor padat dan 112 minggu pada kasus leukemia. Ruang perawatan selain ruang tindakan, juga dilengkapi ruang bermain, ruang perpustakaan dan ruang konsultasi. Pasien anak di RS Kanker Dharmais tidak hanya di tangani utama oleh dokter spesialis onkologi anak, tapi juga beberapa multidisiplin, pendampingan oleh psikolog dan psikiater bila diperlukan. Dalam kondisi paliatif, pasien dan keluarga juga akan di dampingi oleh tim paliatif.