Pada hari Rabu, tanggal 4 November 2020 Rumah Sakit Kanker Dharmais masih dalam rangka HUT ke-27 dalam rangka Elshinta TV mengadakan talkshow kesehatan dengan tema “ Kenali Perbedaan Gejala Covid-19 dan Kanker Paru ” yang didengarkan langsung pada pukul 09.00 s / d 10.00 WIB .

Program Dokterku Elshinta TV dipandu oleh Rini Ayu Ningtyas selaku pembawa acara dan untuk narasumber pada tema kali adalah dr. Jaka Pradipta, Sp.P selaku dokter spesialis paru di Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Talkshow Jaka mengawali ini dengan membahas masalah gejala pada Covid-19 dan Kanker Paru, dimana penyebab pada Covid-19 adalah virus, yang tahan daya tubuh baik maka akan sembuh sendiri. Sedangkan kanker adalah penyakit kronik dengan kata lain penyakit yang akan kita dapatkan dari apa yang telah dilakukan selama ini ”jelas dr. jaka.

Gejala Kanker Paru:

  1. Batuk presisten
  2. Batuk darah
  3. Sesak nafas
  4. Mudah lelah
  5. Nyeri dada
  6. Penurunan berat badan

 Gejala Covid-19:

  1. Demam (87,9%)
  2. Batuk (kering [67,7%]; berdahak [33,4%], darah [0,9%])
  3. Gangguanpernapasan (kesulitanbernapas) [6%]
  4. Nyeritenggorokan (13,9%)
  5. NyeriKepala(13.6%)
  6. Nyeriotot(14.8%)
  7. Gangguanpenciuman
  8. Penurunanpengecapan
  9. Mual/ muntah/ nyeriperut(5.0%)
  10. Diarrhea (3.7%)
  11. Lemas(38.1%)

dr. Jaka juga menjelaskan faktor resiko kanker paru, metode penularan Covid-19, hingga pemeriksaan penunjang untuk kanker paru diantaranya adalah radiologi, biopsi jarum, dan bronkoskopi. Sedangkan diagnosis untuk Covid-19 yaitu dengan PCR Swab Test, radiologi dan pemeriksaan darah.

Pada era pandemi Covid-19 saat ini, pasien khususnya kanker paru yang memiliki imunitas tubuh yang rendah dan takut untuk datang berobat ke Rumah Sakit, disarankan untuk menggunakan layanan telemedicine sehingga tidak perlu datang ke Rumah Sakit. Namun apabila pada keadaan tertentu yang membutuhkan penangan dokter atau memang sudah ada keluhan yang dirasakan, “jangan ditahan sendiri dirumah, datanglah ke Rumah Sakit yang memiliki kemampuan screening yang baik untuk mencegah penularan Covid di Rumah Sakit” kata dr.Jaka.

Pada segmen kedua talkshow, dr. Jaka menjawab 2 pertanyaan dari email yang masuk ke Elshinta TV dan 2 pertanyataan dari telpon interaktif mengenai gejala kanker paru ataupun covid-19 yang mereka khawatirkan.

Diakhir segmen dr.Jaka menyimpulkan bahwa “Penyakit pernafasan bukan hanya covid, masih ada banyak penyakit lainnya, kanker paru salah satunya. Dan kedua penyakit itu memiliki gejala yang berbeda, namun tetap mindset -nya bahwa di era pandemi ini, jelaslah dulu yang kita periksakan karena ini kita sedang berada di zona perang. Kedua hal tersebut bisa kita cegah dengan perilaku hidup bersih dan sehat, tidak merokok kemudian terapkan selalu 3M untuk menjaga dari dua penyakit itu.

Program Dokterku Elshinta TV juga dilihat secara langsung di youtube https://www.youtube.com/watch?v=skRwBeYFa3E  dan dapat disaksikan ulang di Elshinta TV pukul 18.00 s / d 19.00 WIB (tentatif) di tanggal yang sama. 

 

4 November 2020

Humas RS Kanker Dharmais