Kamis, 1 Oktober 2020 – Telah dilaksanakan webinar dengan tema “Penemuan Dini Tumor Padat Pada Anak” yang berlangsung pada pukul 13.00-14.00 melalui webinar dan IGTV. Narasumber acara webinar ini dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA yang didampingi oleh moderator dr. Reni Wigati, Sp.A(K). Jenis kanker anak dibagi menjadi dua jenis, ada kanker cair dan padat. Kanker anak jenis cair adalah Leukemia, dan Kanker anak jenis padat meliputi Retinoblastoma, Neuroblastoma, Limfoma, Osteosarkoma, dan Nasofaring. Pada jenis Kanker cair yaitu Leukemia, tidak ada tingkat stadium. Tetapi pada jenis Kanker Padat terdapat 4 tingkat stadium, yaitu stadium 1 sampai dengan 4, dan kalau sudah memasuki stadium 4 maka kanker sudah menyebar keseluruh tubuh.

Dapat ditarik kesimpulan dari hasil webinar “Penemuan Dini Tumor Padat Pada Anak”, bahwa Tumor Padat dimanapun letaknya harus dilakukan biopsi terlebih dahulu, sehingga dapat ditentukan jenis tumor dan rencana pengobatan selanjutnya. Pada kanker anak upayanya adalah penemuan dini, semakin cepat kanker ditemukan, dan semakin kecil stadiumnya, maka akan besar tingkat kesembuhan.

Acara webinar dilakukan dengan mengangkat tema ini, karena tingkat penemuan tumor pada anak di RS Kanker Dharmais banyak yang sudah di dapati pada stadium lanjut. Maka, sangat diharapkan dilakukannya program kewaspadaan kanker anak. Untuk semua keluarga dimanapun berada, semoga pasien-pasien bisa cepat melakukan beberapa rujukan-rujukan ke Rumah Sakit Tipe A/B/C, dan dengan harapkan bisa langsung dilakukan diagnosis dan bisa langsung diobati, sehingga tidak ditemukan stadium lanjut lagi. Sudah ditemukannya pada stadium awal agar dapat diobati dan disembuhkan. Jadi ingat, bahwa kanker itu bisa sembuh, tapi dengan catatan harus ditemukan pada stadium masih awal.