Dalam Rangka Hari Keselamatan Pasien Sedunia (World Patient Safety Day)

Rumah Sakit Kanker Dharmais Membagikan Masker Gratis

 Jakarta, 18 September 2020 – Pada tanggal 17 September 2020 diperingati sebagai Hari Keselamatan Pasien Sedunia dengan mengusung tema “Keselamatan Tenaga Kesehatan Keselamatan Kita Semua”. Tema ini dipilih sebagai upaya meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya keselamatan tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19.

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini Rumah Sakit Kanker Dharmais berupaya memperingatinya dengan beberapa kegiatan, salah satunya adalah membagikan 500 masker gratis kepada pasien serta pengunjung Rumah Sakit Dharmais.

Dalam wawancaranya, Direktur Utama, dr R. Soeko Werdi Nindito,D, MARS, menjelaskan bahwa hari keselamatan pasien diperingati karena sebelumnya rumah sakit dilihat hanya memberikan pelayanan kepada pasien saja, seperti mengobati dan memeriksa. Pihak Rumah Sakit belum mengetahui ada resiko yang diterima oleh pasien dan dokter selama di rumah sakit.

“Keselamatan pasien juga akan menjadi dasar mutu pelayanan Rumah Sakit, dan keselamatan pasien juga bertujuan sebagaimana rumah sakit memberikan jaminan keamanan kepada pasien”. ujarnya.

Bapak dr. Soeko, mengatakan bahwa adanya pandemi Covid-19, sebagai sebuah musibah. Tetapi, di satu sisi semua masyarakat menjadi sadar akan pentingnya keselamatan kepada pasien, seperti terbiasa memakai masker dan mencuci tangan dimanapun kita berada.

“Semua ini adalah sebuah pembelajaran dari Yang Maha Kuasa agar kita senantiasa saling menjaga satu sama lain. Memakai masker bukan hanya untuk diri kita sendiri, tetapi untuk menghargai orang lain, karena pada saat berbicara kita dapat  menularkan kepada orang lain”. Ungkapnya.

Bapak dr.Soeko tidak lupa memberikan pesan untuk pasien, pengunjung dan karyawan agar selalu menerapkan 3M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak supaya selalu aman dan mencegah penularan Covid-19 ini.

 

Humas Rumah Sakit Kanker Dharmais