Serah Terima Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Jakarta, 10 Agustus 2020. Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D., Sp.THT-KL(K)., MARS sebagai Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan memimpin Serah Terima Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Rumah Sakit Kanker Dharmais Jl. Let.Jend. S. Parman Kav. 84-86 Jakarta ini, merupakan satu rangkaian lanjutan dari Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan yang telah berangsung pada tanggal 5 Agustus 2020 yang lalu di Ruang J. Leimena Kantor Kementerian Kesehatan RI Jl. HR. Rasuna Said Blok X5 No. Kav. 4-9 Jakarta.

Acara Serah Terima Jabatan yang berlangsung tanggal 10 Agustus 2020, diikuti oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan para undangan, untuk Pejabat yang berada di daerah mengikuti acara melalui media elektronik/virtual.

Pada kesempatan tersebut dalam sambutannya Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D., Sp.THT-KL(K)., MARS mengatakan bahwa Pejabat Tinggi Pratama di Rumah Sakit UPT Vertikal di lingkungan Kementerian Kesehatan diminta untuk senantiasa memberikan prioritas terhadap upaya penanganan Covid 19 di lingkungan satuan kerjanya, terutama bagi satuan kerja yang termasuk dalam delapan provinsi dengan kasus tertinggi, ditegaskan Prof. Kadir hal ini sesuai dengan arahan Presiden kepada Kementerian dan Lembaga, terkait terus meningkatnya kasus Covid 19.

Selain itu prof. Kadir meminta kepada para Pejabat yang telah dilantik untuk melakukan optimalisasi pemanfaatan dana stimulus terkait penanganan Covid 19 dan melaksanakan percepatan penyerapan dana tersebut, sehingga penyebaran kasus Covid 19 dapat ditekan dan pelayanan terhadap pasien positif dapat dimaksimalkan.

Prof. Kadir mengingatkan Kepada para Direksi agar membuat peta dan rencana tindak lanjut yang bersifat strategis dalam rangka penanganan Covid 19, serta persiapan memasuki tatanan normal baru di lingkungan satuan kerja masing-masing dan agar senantiasa memberikan perhatian khusus pada keselamatan tenaga medis dan non medis dalam menjalankan tugas, terutama yang menjadi ujung tombak dalam melawan Covid 19, dan melakukan kontak langsung dalam merawat penderita, agar korban di lingkungan tenaga medis tidak terus bertambah.

Selain itu Prof. Kadir menyampaikan beberapa pesan sebagai berikut :

  • Agar dapat menjalankan amanah yang diberikan dengan rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia, dan menopang pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid 19 agar dapat segera teratasi, sehingga tidak menyebabkan dampak yang lebih buruk lagi bagi perekonomian negara kita.
  • Sebagai Pimpinan Tinggi Pratama di Rumah Sakit UPT Vertikal di lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan diminta untuk senantiasa meningkatkan kinerja dengan tetap memperhatikan kebijakan yang telah ditetapkan dalam SOTK Rumah Sakit UPT Vertikal yang baru. Serta melakukan persiapan dalam melakukan implementasi penyederhanaan birokrasi di instansi Pemerintah, sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri PAN- RB nomor 28 tahun 2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administratif Ke Dalam Jabatan Fungsional.

Prof. Kadir juga memberi arahan agar menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan dalam upaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi untuk mendukung kinerja pelayanan publik, yaitu perlu dilakukan penyederhanaan birokrasi melalui penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional. Untuk itu para Direktur Utama dan jajarannya diminta melakukan langkah-langkah dalam mempersiapkan pelaksanaan penyederhanaan birokrasi ini. Dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Mengidentifikasi jabatan administrasi pada masing masing unit kerja di lingkungan satuan kerja.
  • Melakukan pemetaan jabatan dan pejabat administrasi yang terdampak penyederhanaan birokrasi.
  • Melakukan pemetaan jabatan fungsional yang dapat diduduki pejabat yang terdampak penyederhanaan birokrasi.
  • Menyelaraskan tunjangan jabatan fungsional dengan tunjangan jabatan administrasi dengan menghitung penghasilan dalam jabatan administrasi ke jabatan fungsional.
  • Menyelaraskan kelas jabatan fungsional dengan kelas jabatan administrasi

 

Menutup sambutannya Prof. Kadir mengucapkan terimakasih untuk pejabat lama atas pengabdian terbaiknya dan ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik.