Pusat Kanker Nasional - Rumah Sakit Kanker Dharmais

Rumah Sakit Kanker Dharmais sebagai Pusat Kanker Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK.01.07/MENKES/531/2017 tentang Penetapan Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta Sebagai Pusat Kanker Nasional, maka harus terus menjaga kualitas dan  keselamatan pasien  serta kontinuitas pelayanan keperawatan dan diimbangi dengan peningkatan kompetensi pada perawat baru di Rumah Sakit Kanker Dharmais.

 

In House Training Perawatan Kanker Dasar (Basic Cancer Nursing)

Rumah Sakit Kanker Dharmais menyelenggarakan pelatihan Perawatan Kanker Dasar (basic cancer nursing) bagi perawat baru Rumah Sakit Kanker Dharmais. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pada perawat baru di Rumah Sakit Kanker Dharmais dengan membekali pengetahuan, keterampilan dan pembentukan perilaku. 

 

Pelatihan Dimasa Pandemi Covid-19

Pelatihan yang telah dilaksanakan pada situasi pandemi ini tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan cara peserta pelatihan dibagi menjadi 2 (dua) gelombang yaitu gelombang pertama dilaksankan pada tanggal 6 Juli sampai dengan 17 Juli 2020, gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 20 Juli sampai dengan 31 Juli 2020, hal ini untuk menjaga jarak dalam ruangan serta jumlah peserta 50% dari kapasitas ruangan pelatihan.

 

Materi Pelatihan dan Pengajar 

Materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut terkait dengan penatalaksanaan asuhan keperawatan bagi pasien kanker dengan para pengajar dari berbagai keahlian medis dan non medis di Rumah Sakit Kanker Dharmais. Pelatihan Kanker Dasar ini tersertifikasi oleh PPNI.

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini menggunakan metode diskusi kelompok, ceramah, study kasus, simulasi dan praktek lapangan.

Pelatihan tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan cara berfikir secara rasional, kreatif dan inovatif perawat baru dalam memberikan Asuhan Keparawatan Pasien Kanker, serta dapat mengikuti terus perkembangan ilmu dan teknologi yang ada.