Kanker otak merupakan kondisi yang disebabkan oleh tumor ganas yang tumbuh dalam otak. Tumor otak sendiri disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal pada jaringan, sel saraf, selaput pelindung otak atau saraf tulang belakang.


Tumor ganas penyebab kanker otak dapat menyebar secara tidak terkendali ke bagian tubuh dekat otak dengan mengambil tempat, darah dan juga nutrisi yang ada di jaringan tersebut. Bahkan, tidak jarang sel kanker ganas ini menyebar ke bagian tubuh lain yang lebih jauh melalui aliran darah.


Kanker otak dibedakan menjadi dua, yakni kanker otak utama dan kanker otak sekunder (metastasis). Kanker otak utama disebabkan oleh munculnya salah satu sel dalam otak yang tumbuh tidak wajar dan bertransformasi menjadi sel kanker. Sel yang bertransformasi ini kemudian berkembang sehingga menyebabkan tumor. Sementara itu, kanker otak sekunder atau metastasis merupakan kanker otak yang dipicu oleh tumbuhnya sel tumor di bagian tubuh lain yang menyebar ke bagian otak. Kanker jenis inilah yang tercatat menjadi penyebab kasus kanker otak terbanyak di dunia.


Penyebab tumor dan kanker otak

Penyebab terjadinya kanker otak memang masih belum dapat diketahui. Meski begitu, ada beberapa faktor yang dapat memicu risiko kanker otak pada seseorang, contohnya faktor genetik, racun dari lingkungan berbahaya, radiasi di bagian kepala, infeksi HIV, dan juga kebiasaan buruk merokok.


Gejala kanker otak

Awalnya, gejala kanker otak akan sama dengan gejala penyakit-penyakit lainnya yaitu pusing atau sakit kepala, kelelahan, sering merasa bingung, kesulitan berjalan hingga kejang. Pada beberapa kasus, penderita kanker otak juga dapat mengalami kesulitan berkonsentrasi, susah mengingat, mual, muntah, dan mengalami masalah penglihatan.


Jika Anda terus menerus merasakan gejala yang telah disebutkan di atas, satu-satunya cara untuk mendeteksi adanya kanker otak adalah dengan melakukan CT Scan atau pemindaian otak. Dengan CT scan atau MRI, dokter atau ahli medis dapat mengetahui apakah penyebab gejala yang dirasakan adalah adanya tumor yang menekan bagian dalam otak atau karena adanya pembengkakan akibat peradangan dari tumor.