Q : Dokter, apakah pasien kanker boleh makan mie instan?
A : Pasien kanker sangat dianjurkan untuk membatasi asupan mie instan karena olahan dan kandungan natrium yang tinggi. Jika pasien kanker ingin menikmati mie, pilihlah jenis mie biasa dengan penambahan beragam jenis protein, serat (sayur) dan bumbu/ kaldu olahan sendiri untuk mencegah bahan tambahan berlebihan, lebih sehat tetap nikmat.


Q : Apakah pasien kanker boleh mengonsumsi fast food atau frozen food?
A : Pasien kanker masih dapat mengonsumsi makanan yang dibekukan (frozen food) dengan tetap memperhatikan cara penyimpanan, lama penyimpanan, cara melelehkan frozen food dan bentuk makanan ( bau, konsistensi, dan rasa). Pasien kanker juga masih dapat mengonsumsi bentuk makanan siap saji (fast food) dengan memperhatikan jumlah energi, kandungan nutrisi, komposisi makronutrien, mikronutrien serta bahan tambahan lain.


Q : Lalu, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh pasien kanker?
A : Makanan dengan komposisi nutrisi yang harus terdiri dari karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak serta vitamin dan mineral serta antioksidan yang berasal dari sayur dan buah. Jumlah makanan memperhitungkan berat badan, tinggi badan, usia serta kondisi klinis lain yang berhubungan. Untuk mengetahui secara lebih detail tentang nutrisi terkait kanker dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik.

 

Menurut dr. Nani Utami Dewi, M.gizi, Sp.GK (Dokter Ahli Gizi RS Kanker Dharmais) pasien kanker sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi mie instan, karena mie instan merupakan jenis mie yang diberikan penambahan bumbu tertentu, sehingga memberikan rasa lebih tajam dan nikmat dibandingkan olahan mie biasa, pasien kanker dapat mengganti mie instan dengan mie dan penyedap makanan yang diolah sendiri lalu ditambahkan serat seperti sayur.

Pasien kanker yang ingin mengonsumsi fast food juga harus mengingat bahwa makanan fast food terkadang menggunakan bahan makanan dengan proses tertentu dan tambahan bahan kimia yang bertujuan menguatkan rasa, bentuk dan tampilan, maka lebih direkomendasikan mengonsumsi makanan yang diolah sendiri karena lebih sehat, menggunakan bahan makanan segar dengan komposisi sesuai ( olahan rumah). Jika pasien kanker ingin konsumsi makanan frozen food harus memperhatikan cara penyimpanan, lama penyimpanan, cara melelehkan dan bentuk makanan ( bau, konsistensi, dan rasa) karena frozen food atau makanan beku adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Proses ini merupakan salah satu cara efektif untuk mengawetkan makanan dan menghambat pertumbuhan bakteri patogen penyebab kerusakan makanan karena tidak dapat tumbuh pada temperatur beku. Walaupun cara pembekuan tidak seefektif dibandingkan tehnik perebusan yang dapat mematikan bakteri patogen.

Lalu jenis makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi pasien kanker? Pasien kanker membutuhkan nutrisi yang seimbang dan optimal dengan memperhatikan jumlah energi, jenis / komposisi dan waktu pemberian. Pasien kanker memiliki kebutuhan energi yang lebih tinggi karena metabolisme yang meningkat akibat kondisi kanker, terapi dan efek terapi.