Kasus Kanker Payudara Mengingkat !

Berdasarkan data kunjungan rawat jalan RS Kanker Dharmais tahun 2019 terdapat peningkatan kasus kanker payudara yang menjadikan kanker payudara menjadi kasus terbanyak.

  1. Kanker Payudara : 60%
  2. Kanker Paru : 19%
  3. Kanker Serviks : 11 %

 

Tingkatan Stadium Kanker Payudara:

Stadium 0 : Stadium sangat dini dan belum terdapat benjolan. Lakukan pemeriksaan skrining dan deteksi dini dengan USG/Mamografi yang bertujuan untuk mencari kelainan pada payudara yang lebih awal. Pengobatan pada stadium ini lebih murah dan angka harapan hidup sampai 100%.

Stadium 1-2 : Stadium dini atau awal, gejala utama hanya benjolan tanpa rasa nyeri. Angka harapan hidup 80%-95%.

Stadium 3-4 : Stadium lanjut. Dengan gejala timbul luka, puting tertarik kedalam, puting mengeluarkan cairan dan sel kanker menyebar ke bagian tubuh di luar payudara. Angka harapan hidup pasien pada stadium 3 adalah  50% dan untuk stadium 4 adalah 20% dalam 5 tahun ke depan.

Rumah Sakit Kanker Dharmais merupakan pusat rujukan tertinggi untuk kanker, namun sangat disayangkan banyak pasien kanker payudara yang datang ke RS Kanker Dharmais sudah dalam stadium lanjut.

80%-90% gejala utama kanker payudara adalah benjolan TANPA rasa nyeri. Dengan pemeriksaan skirining dan deteksi dini dengan USG/Mamografi dapat menemukan kelainan pada payudara yang lebih awal, yang belum terdapat benjolan.

 

Faktor Resiko Kanker Payudara!

Tidak dapat dimodifikasi :

- Wanita

- Usia 50 tahun ke atas

- Faktor genetik

- Menstruasi dibawah usia 12 tahun

- Monopouse diatas usia 55 tahun

 

Dapat dimodifikasi :

- Tidak menikah

- Tidak memiliki Anak

- Tidak menyusui

- Kontrasepsi hormonal 10 tahun terakhir

-Obesitas

 

JANGAN TAKUT KE DOKTER !

“Dokter hanya memeriksa apakah benjolan dalam kondisi normal atau tidak, karena tidak semua benjolan di payudara adalah kanker kemungkinannya hanya sekitar 20%.”

- dr. Bob Andinata, Sp.B(K) Onk-

 

Humas RS Kanker Dharmais