Apa itu Vaksinasi Covid-19?

Vaksininasi Covid-19 adalah virus Covid-19 yang sudah mati, yang disuntikan ke tubuh manusia gunanya untuk membentuk kekebalan atau antibodi.

Tujuan Vaksinasi Covid-19 :

  1. Membentuk kekebalan kelompok
  2. Menurunkan kesakitan & kematian akibat COVID -19
  3. Melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh
  4. Menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi

Apakah Pasien Kanker boleh Vaksinasi Covid-19?

Menurut Dr. dr. Haridana Indah Setiawati Mahdi, Sp.PD-KAI, FINASIM, M.BIOMED selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Alergi Immunologi bahwa "Boleh, dengan catatan pasien sudah selesai kemoterapi atau radiasi dan mendapat surat keterangan dari dokter terkait. Vaksinasi covid-19 lebih ditujukan untuk penderita kanker yang sudah sembuh. Vaksinasi pada pasien kanker penting dan harus diberikan agar tidak terpapar Covid-19 karena imunitasnya rendah."

 

Jangan Takut Vaksinasi Covid-19 !

“Vaksinasi Covid-19 ini adalah salah satu cara untuk menurunkan pandemi Covid-19 bukan saja di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Lakukan vaksinasi Covid-19 di daerahnya masing-masing, jadi teman-teman penyintas kanker tidak usah takut agar kita dapat terlindungi dari Covid-19. Walaupun tidak ada jaminan bahwa semua vaksin yang ada 100% efektif. Dan jangan lupa untuk melakukan 5M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumuman, dan Mengurangi Mobilitas.” jelas dr. Indah.

 

Cek fakta-fakta menarik tentang Vaksinasi Covid-19! klik disini dan follow instagram kami di @rskankerdharmais untuk mengatahui informasi tentang kanker dan informasi kesehatan lainnya. Terimakasih.

Humas RS Kanker Dharmais