Saat ini, kanker payudara merupakan jenis kanker yang banyak diderita oleh wanita di Indonesia., sehingga kanker payudara sering disebut sebagai mimpi buruk bagi kaum wanita. Tetapi sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi, apabila kita memberikan perhatian yang cukup terhadap kesehatan diri kita. Dengan deteksi dan diagnosa dini serta penanganan segera, maka kanker payudara bukan lagi suatu vonis kematian. Kunci untuk deteksi dini adalah melakukan pemeriksaan mammografi secara teratur terutama bagi wanita berusia 35 tahun ke atas. Wanita yang lebih muda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter mereka, apakah mereka membutuhkan pemeriksaan mammografi atau pemeriksaan yang lain (USG Payudara).

Mammografi adalah pemeriksaan radiologi khusus menggunakan sinar X dosis rendah untuk mendeteksi kanker payudara sedini mungkin, bahkan sebelum adanya perubahan yang kelihatan pada payudara ataupun benjolan yang dapat dirasakan.

Sampai saat ini mammografi dianggap pemeriksaan yang paling efektif untuk mendeteksi awal kanker payudara dengan sensitivitas hampir 80-90% terutama pada wanita usia lebih dari 50 tahun.
Dengan teknologi yang mutakhir, maka sinar-X yang dipancarkan sangat kecil sehingga tidak membahayakan.

Wanita berusia > 35 tahun dengan atau tanpa keluhan di payudara disarankan untuk melakukan mammografi satu atau 2 tahun sekali meskipun tanpa keluhan atau gejala.