Ultrasonografi atau yang biasa disingkat dengan USG, merupakan teknik prosedur menampilkan gambar atau citra dari jaringan atau organ dalam tubuh dengan memanfaatkan gelombang suara frekuensi tinggi.

Selain untuk melihat organ tubuh bagian dalam, USG juga dapat melihat jaringan lunak di permukaan tubuh. USG menggunakan alat bernama transducer yang umumnya ditempelkan di kulit, yang akan memancarkan gelombang suara frekuensi tinggi dan gelombang suara tersebut akan memantul kembali sehingga memunculkan gambar di layar monitor. Gambar tersebut berupa bentuk, ukuran, dan konsistensi dari jaringan lunak atau organ dalam tubuh.

Saat melakukan pemeriksaan USG, dokter akan mengoleskan gel khusus yang berfungsi sebagai media perantara untuk memudahkan pengiriman gelombang suara ke dalam tubuh.

Prosedur USG biasanya akan memakan waktu 10-15 menit tergantung jenis pemeriksaan dan bagian tubuh yang akan diperiksa. USG digunakan sebagai alat untuk membantu diagnosa penyakit salah satunya seperti kanker.

Selain itu USG dapat dapat digunakan untuk memeriksa kondisi janin selama masa kehamilan. USG pun dapat digunakan untuk memandu prosedur medis seperti misalnya biopsi.

USG merupakan salah satu prosedur diagnostik yang aman, tidak invasif, dan tidak memancarkan radiasi. Adapun beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum dilakukan pemeriksaan USG bergantung pada organ yang akan diperiksa, seperti misalnya USG abdomen-pelvis dimana pasien harus berpuasa dan sementara menahan buang air kecil (BAK) terlebih dahulu.