Narasumber dari Korea Dr.Young Joo Won

Narasumber dari Korea Dr.Young Joo Won

Para peserta training course cancer sedang mendengarkan paparan dari Narasumber

Para peserta training course cancer sedang mendengarkan paparan dari Narasumber

Dr.Tomohiro Matsuda sedang memberikan paparan

Dr.Tomohiro Matsuda sedang memberikan paparan

RS. Kanker “Dharmais” (RSKD) telah ditetapkan sebagai Pusat Kanker Nasional melalui SK Menkes Nomor HK.01.07/Menkes/531/2017 sebagai perwujudan dari visi RSKD yaitu menjadi RS Kanker Komprehensif dan mengembangkan Pusat Kanker Nasional setara di tingkat Asia dan misinya yaitu pelayanan kanker komprehensif, pendidikan berkesinambungan dan penelitian yang bertanggung jawab, serta terlaksananya registrasi kanker Nasional.

Sejak tahun 2016 RSKD telah ditetapkan sebagai Pusat Pengendali Data Beban Kanker melalui SK Menkes No.HK.02.02/Menkes/410/2016. Telah terkumpul data Registrasi Kanker Berbasis Populasi tahun kejadian 2008 – 2012 pada 26 kabupaten/kota di Indonesia. Berkat kontribusi dari semua pelaksana registrasi kanker di wilayah masing-masing, data tersebut telah dilaporkan kepada Kementerian Kesehatan RI sebagai upaya dalam melaksanakan registrasi kanker Nasional.

Data yang telah terkumpul diharapkan dapat terus berkesinambungan. Diantaranya sebagai pertimbangan dalam kebijakan terkait penanggulangan kanker di wilayah maupun nasional. Para pelaksana registrasi kanker nasional memerlukan suatu peningkatan kapasitas dan kemampuan dalam hal pemanfaatan registrasi kanker. Melalui kegiatan dengan narasumber ahli dari jejaring internasional yang telah dimiliki RSKD, maka diharapkan pelaksana registrasi kanker nasional dapat mengimplementasikan dan mengembangkan data yang telah terkumpul di wilayahnya masing-masing guna mendukung Program Penanggulangan Kanker Nasional.

Untuk mendukung hal tersebut RSKD mengadakan Training Course on Cancer pada 8-10 Maret 2018 bertempat di Auditorium RSKD dengan mengundang sejumlah narasumber 7 (tujuh) ahli dan pakar dalam bidang penelitian registrasi kanker yang berasal dari institusi jejaring internasional RS Kanker “Dharmais” sebagai lanjutan kerja sama yang telah dijalin, diantaranya:
1. Dr. Tomohiro Matsuda (NCC Japan, Presiden terpilih International Agency for Cancer Registry)
2. Dr. Kayo Nakata, Osaka International Cancer Institute, Japan
3. Dr. Tatsuya Suzuki, NCC Japan
4. Dr. Young-Joo Won, NCC Korea
5. Dr. Hiroko Nakagawa, Nagoya City University, Japan

Para peserta undangan tidak dipungut biaya. Adapun kriteria yang dapat mengikuti pelatihan ini yaitu
1. Dokter spesialis patologi anatomi
2. Dokter spesialis radiologi
3. Dokter spesialis hematologi onkologi medik
4. Dokter spesialias patologi klinik
5. Dokter spesialis bedah onkologi
6. Dokter spesialis ginekologi
7. Dokter spesialis paru
8. Dokter spesialis anak
9. Dokter spesialis hati dan saluran cerna
10. Perawat onkologi
11. Pelaksana teknis registrasi kanker
12. Peneliti dalam bidang kanker