dr.Evlina Suzana, SpPA sedang berbicara dengan salah satu mahasiswa Iniversitas Michigan (USA)

dr.Evlina Suzana, SpPA sedang berbicara dengan salah satu mahasiswa Iniversitas Michigan (USA)

Sedang melakukan pembicaraan dengan mahasiswa universitas michigan dari (USA )

Sedang melakukan pembicaraan dengan mahasiswa universitas michigan dari (USA )

Para peserta teleconference meeting di ruang Litbang lt.3

Para peserta teleconference meeting di ruang Litbang lt.3

dr.Evina Suzana, SpPA sedang memberikan pengarahan sesudah acara teleconference dg Universitas Michigan (USA)

dr.Evina Suzana, SpPA sedang memberikan pengarahan sesudah acara teleconference dg Universitas Michigan (USA)

Pada hari Kamis, 3 Mei 2018, UPF Pusat Beban Data Kanker Nasional RS. Kanker “Dharmais” (RSKD) mengadakan e-Meeting Blue Jeans dengan Michigan University, dimana e-Meeting ini merupakan kegiatan rutin antara RSKD dengan Michigan University. Adapun pembahasan kali ini adalah mengenai :
1. Rencana Penelitian Kolaborasi RSKD dengan Michigan University
2. Progress report rencana mahasiswa magang (Ms. Lotte Jansen) di RSKD (Michigan University telah rutin mengirimkan mahasiswanya sejak 2016)
Mengenai rencana penelitian sesuai poin pertama, akan dilaksanakan penelitian tentang :
• Kanker Kolorektal
Infectious induced cancer : apakah invasi E.Coli dapat merupakan resiko terjadinya kanker kolorektal? Terinspirasi dari salah seorang peneliti di Jepang saat presentasi di pertemuan APOCP di Jeju. Apakah hal ini juga berlaku sama dengan Indonesia?
• Kanker pada Wanita
Kanker payudara dan kanker seviks. Bekerja sama dengan para patolog di Indonesia untuk pemetaan secara nasional. Rencananya pada 7 provinsi (Sumatera, Bali, Jawa, DI Yogyakarta). Kanker serviks melalui kegiatan yang sedang berjalan yaitu cyto-DNA. Penelitian dapat dilakukan di RSKD sebagai pilot project kemudian akan direkomendasikan ke RS lainnya.
• Kanker pada Anak
Mengitung net-survival untuk kanker pada anak. Kegiatan tindak lanjut dari data yang telah dikirim untuk CONCORD II dan III. Diharapkan Michigan University akan mengajarkan untuk mengitung net-survival. Site yang akan dipilih yaitu Leukemia yang merupakan kanker terbanyak terjadi pada anak. Selain itu akan dilakukan pemetaan Retinoblastoma di Indonesia berdasarkan data populasi yang telah terkumpul di UPF Pusat Beban Data Kanker Nasional. Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI telah melaksanakan deteksi dini Retinoblastoma, dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan penemuan kasus retinoblastoma di populasi.

• Dalam mendukung kegiatan penelitian diatas maka diperlukan kerjasama antara RSKD dengan Ikatan Ahli Patologi Indonesia (IAPI) direncanakan pada bulan Mei akan dilakukan penandatanganan antara kedua belah pihak.
• Michigan University bersedia untuk membantu sebagai konsultasi untuk biobank. Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk biobank adalah inform consent.

Untuk poin kedua yakni mengenai Progress report rencana mahasiswa magang (Ms. Lotte Jansen) di RSKD, disepakati beberapa hal :
• Ms. Lotte Jansen akan hadir pada tanggal 12 Juni 2018 dan melaksanakan magang selama 10 minggu di RSKD.
• Penelitian yang akan dilakukan yaitu Quality of Life Childhood Cancer dengan menggunakan instrument PedSQL.
• Mentor untuk Ms. Lotte Jansen yaitu dr. Mururul Aisy, Sp.A dan dr. Dian Triana Sinulingga, M.Epid dengan supervisi dr. Evlina Suzanna, SpPA.
• Pengurusan imigrasi untuk notifiasi ke Konsulat di AS akan ditindaklanjuti oleh UPF Pusat Beban Data Kanker Nasional.