Diagnostik Molekuler Terpadu

Salah satu keunggulan Laboratorium Patologi Klinik adalah kemampuannya untuk melakukan pemeriksaan khusus kanker diantaranya : petanda tumor yang digunakan untuk mendukung diagnosis kanker dan pemantauan kesembuhan. Penanda tumor untuk kanker saluran cerna (CEA, CA72.4, CA19-9), kanker payudara (CEA, CA15.3), kanker hati (AFP), kanker prostat (PSA), kanker paru (CEA, Cyfra21.1, NSE), kanker ovarium (Ca-125 dan HE-4), kanker leherrahim (SCC), khoriokarsinoma (b-HCG) dan kanker nasopharing (EBV VCA IgA, EBV EBNA IgA, EBV EA IgA).
Diagnosis berbagai kanker darah dapat dilakukan dengan mengevaluasi persediaan sumsum tulang, pewarnaan sitokimia sampai pada pemeriksaan penanda permukaan (leukimia phenotyping) dan pemeriksaan kromosom yaitu Sitogenik. Alat canggih Flowcytometer yang selain digunakan untuk leukimia phenotyping juga dapat digunakan untuk mendeteksi sisa sel leukemik (MRD) pada kasus-kasus dengan fenotip tertentu.
Untuk mengetahui prognosis penyakit kanker tertentu dapat diperiksa kandungan DNA (diploid aneuploid) dan indeks proliferasi ( Sphasefraction ) dengan teknik flowcytometry dan pemeriksaan biomolekuler yang lain dengan teknik PCR. Selain itu, Instalasi Patologi Klinik RSKD juga menyediakan pemeriksaan khusus untuk diagnosis dan monitoring gamopati monoklonal , seperti imunofiksasi , β2-mikroglobulin, dan free light chain assay.

INFORMASI : Instalasi Patologi Klinik
Telp. 021 – 5681570 (Hunting)
Ext. 2037 (Pagi – Siang) atau 2040 (Malam)