Standar akreditasi yang diaplikasikan pada pelayanan berfokus pasien, patient safety atau keselamatan pasien,  sehingga diperlukan komunikasi yang efektif dalam pelayanan pasien. Komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan guna menunjang terlaksananya kesinambungan pelayanan dan adanya koordinasi yang baik antar petugas, juga mengantisipasi kesalah pahaman dengan pasien.


Untuk menunjang proses tersebut diatas, perlu adanya upaya rumah sakit dalam meningkatkan kompetensi komunikasi staf/petugas khususnya PPA (Profesi Pemberi Asuhan) yang secara langsung berhubungan dengan pasien/keluarga, sehingga diadakan pelatihan komunikasi efektif untuk meningkatkan mutu dan kompetensi komunikasi pemberi asuhan  guna mampu memberikan pelayanan yang baik secara efisien dan kolaboratif.  


Pelatihan Komunikasi efektif ini diperuntukan bagi petugas Profesi Pemberi Asuhan, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 18 April – 23 April  di Ruang Serbaguna Lantai 10 Rumah Sakit Kanker “Dharmais" diikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri dari tenaga dokter, tenaga perawat, ahli gizi dan tenaga apoteker. Adapun narasumber kegiatan ini adalah DR. Zien Zainal Asikin Hans Ph.D. untuk mengukur keefektifan dan penyerapan materi dari peserta pelatihan ini diawali dengan pretest dan diakhiri dengan post test secara elektronik.