KANKER PADA REMAJA: APA DAN MENGAPA?

dr. Mururul Aisyi, Sp.A(K)

SMF Hemato Onkologi Anak 

Pusat Kanker Nasional Rumah Sakit Kanker “Dharmais”

Remaja merupakan istilah dimana terjadi proses transisi dari perkembangan fisik dan psikologis yang terjadi dalam periode pubertas sampai dewasa. Mereka memiliki kondisi emosional yang sangat bervariasi, sehingga sangat membutuhkan dukungan dan penerimaan. Secara alami mempunyai pre okupasi terhadap penampilan. Berdasarkan pengelompokan umur, usia 15-39 tahun dikenal dengan istilah AYA (Adolescent and Young Adult). 

Kelompok ini memiliki perbedaan secara biologis dan perkembangannya. Kebutuhan terhadap kelompok AYA dikenal pada akhir tahun 1990-an. Hal yang membuat kelompok AYA berbeda adalah mereka merupakan underserved population yang mencakup 6% dari seluruh diagnosis kanker per tahun dan 8 kali lebih banyak dibandingkan kanker pada pediatrik. Keterbatasan perhatian dan sumber daya yang sedikit terhadap populasi AYA, menyebabkan sulitnya peningkatan kelangsungan hidup dan kualitas hidup dibandingkan pada populasi  anak-anak. Kelompok usia AYA juga memiliki respon terhadap terapi yang berbeda dengan kelompok lain. Misalnya dalam kasus leukemia limfoblastik akut. Terdapat perbedaan 5 years survival rate jika menggunakan rejimen pediatrik sekitar 67%, sedangkan jika menggunakan rejimen terapi dewasa hanya sekitar 46%. Beberapa alasan tidak terlihatnya perbaikan survival rate seperti keterlambatan diagnosis, ketidakpatuhan terapi medis, kurangnya perhatian terhadap kelompok usia AYA, pemahaman yang terbatas pada kondisi biologis kelompok AYA, dan rendahnya partisipasi remaja dalam uji klinis. 

Kanker yang terbanyak pada kelompok AYA adalah kanker serviks, kanker kolorektal, germ cell tumor, leukemia, kanker hati, limfoma hodgkin, non-hodgkin lymphoma melanoma, kanker tulang, ewing sarcoma, rhabdomyosarcoma, soft tissue sarcoma, testicular cancer, dan kanker tiroid. Hal tersebut menyebabkan National Comprehensive Centre Network (NCCS) membuat penatalaksanaan AYA. Penatalaksanaan tersebut pertama identifikasi karakteristik yang membedakan pola kanker pada AYA. Kedua menyediakan edukasi, pelatihan dan komunikasi untuk meningkatkan kesadaran, pencegahan, dan kualitas pelayanan kanker pada AYA. Ketiga membuat cara untuk mengatasi masalah kanker pada AYA. Keempat meningkatkan kualitas dalam memberikan pelayanan pada cancer control continuum. Kelima meningkatkan dan memperkuat advokasi dan dukungan terhadap pasien kanker pada AYA.  



Berikut seminar word cancer day / WCD di RS.Kanker "Dharmais" :

Data Sesi I.1 rokok dan karsinogenesis, WCD 2019

Data Sesi I.2 Pelatihan deteksi dini kanker payudara,WCD 2019

Data Sesi I.3 Kanker serviks,WCD 2019

Data Sesi I.4 Kanker Paru,WCD 2019

Data Sesi I.5 Arahan dr fajar ,WCD 2019

Data Sesi II.1 Kanker pada Remaja,WCD 2019

Data Sesi II.2 Yuk mengenal dirimu lebih jauh dr berni,WCD 2019

Data Sesi II.3 ppt duta kanker 2019_dr Ajeng,WCD 2019