(Ns. Mutia Pujanti R, SKep, Ruang HCU) 

Pernah mendengar istilah kanker atau neoplasia ????,,,, yuuk kita kenalan sama istilah-istilah tentang si neoplasia biar pengetahuan kita bertambah…,, marii dilanjut baca artikelnya ya gaes…
Neoplasia merupakan pertumbuhan sel baru yang abnormal, lama-lama bisa jadi kanker. Kanker merupakan penyebab kematian nomor 2 setelah penyakit kardiovaskular di Amerika, sedangkan kasus kanker di Indonesia mulai mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama diseluruh dunia. Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), terdapat sekitar 14, 1 juta jiwa jumlah kasus kanker di seluruh dunia pada tahun 2012. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, secara nasional prevalensi penyakit kanker pada penduduk semua umur di Indonesia sebesar 1,4 % atau diperkirakan sekitar 347.792 orang. Woow, banyak yaah gaes, so be aware yuuk sama diri sendiri dan care sama lngkungan sekitar !!!
Neoplasia sendiri secara harfiah artinya adalah pembentukan jaringan baru dari pertumbuhan sel tubuh. Naaah sayangnya, pertumbuhannya bukanlah pertumbuhan yang diharapkan tumbuh oleh tubuh melainkan dia tumbuh secara abnormal dan berbeda jenis sama sel induknya (dasar anak durhaka,,, hehehehe… *bercanda yaah). Sel-sel tadi tumbuh terus tidak terkoordinir, sporadik, nakaaal, gak terkontrol dan akhirnya dia membentuk jaringan abnormal baru yang dikenal dengan tumor. Tumor ada yang jinak ada yang ganas gaess, nah kalo tumor ganas itu yang sering dikenal dengan namanya kanker. (syereeem yaah….).

Kanker disebabkan oleh adanya perubahan sifat dan mutasi gen dari sel normal menjadi bentuk sel baru yang tidak normal (Porth & Matfin, 2009). Hal tersebut disebabkankan adanya zat karsinogenik yang menjadi perantara berubahnya sifat sel tersebut. Zat tersebut dapat berasal dari dalam diri sendiri dan juga dapat berasal dari lingkungan. Karsinogen yang berasal dari diri sendiri berhubungan dengan faktor genetik dan faktor imunitas tubuh sementara yang berasal dari lingkungan dapat berupa radiasi, paparan zat kimia berbahaya, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dan gaya hidup tidak sehat (Klemm & Hurst, 2009).
Kasus kanker sendiri bisa terjadi akibat adanya rangsangan dari faktor eksternal contohnya diet tinggi lemak, rokok, polusi udara, dan pengaruh pekerjaan serta faktor internal dari seseorang tersebut seperti faktor keturunan, ketidakstabilan hormon. Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi terpicunya pertumbuhan sel kanker tersebut. Kanker adalah penyakit yang sulit dideteksi pada fase awal, biasanya diketahui setelah adanya keluhan dan gejala yang muncul.Oleh karena seringkali tidak menimbulkan gejala, insiden kecacatan dan kematian akibat penyakit tersebut semakin berkembang. So lebih baik lakukan Deteksi dini gaes….
Ada beragam jenis kanker dan berbagai penamaan yang dapat mengecoh kalau kita tidak mengetahuinya, makanya kita kenalan yuuk sama istilah-istilah neoplasia. Silahkan baca di tabel berikut ini.

ISTILAH

 

DEFINISI

Neoplasia

 

Pertumbuhan sel-sel tubuh yang bersifat tidak normal (abnormal) yang mungkin dapat terjadi di berbagai bagian tubuh kita.

Tumor

 

suatu pertumbuhan sel –sel tubuh yang tumbuh berlebihan dan biasanya tidak memiliki fungsi bagi tubuh kita. Tumor dapat bersifat benigna (jinak) atau maligna (ganas)

Benigna

 

Dikarakteristikan oleh pembelahan sel abnormal tetapi tidak bermetastasis atau menyebar ke jaringan sekitar, ini disebut juga tumor jinak. Biasanya pertumbuhannya lambat dan tidak berbahaya bagi tubuh.

Maligna

 

Pertumbuhan sel abnormal dengan kemampuan untuk menyerang, metastasis dan terjadi berulang, nah kalo ini tumor ganas atau kanker. Pada kondisi ini, diperlukan penganganan pengobatan dokter segera.

Metastasis

 

Kemampuan untuk membangun pertumbuhan tumor sekunder pada lokasi baru jauh dari tumor primernya, penyebaran sel kanker ke organ lain melalui pembuluh darah dan limfe

Dari tabel istilah tersebut kita jadi tahu apa itu neoplasia, apa yang disebut kanker jinak ataupun kanker ganas. Selain itu kita juga tahu dengan istilah metastasis. Pada dasarnya tidak semua yang dikatakan dengan tumor adalah kanker. Setelah kita mengenal istilahnya, yang perlu kita lakukan adalah menjaga diri kita serta melakukan deteksi dini cegah kanker.
Senantiasa terapkan strategi “CERDIK” yang telah dianjurkan oleh KEMENTERIAN KESEHATAN untuk hidup sehat, produktif dan cegah penyakit degeneratig seperti kanker.adapun rangkaian strategi “CERDIK” yaitu “Cek kesehatan berkala”, “Enyahkan asap rokok”, “Rajin Berolahraga”, “Diet Seimbang”, dan “Kelola Stres”. Karena kitavyang tahu, kita yang cegah. Ayooo mulai dari diri sendiri. Berani peduli, berani berbagi. Ayooo bersama kita cegah penyakit degeneratif. Cepat mengenal, cepat mencegah. Ayoo cegah kanker.
Semangaat !!!
Semoga artikel ini bermanfaat.

Pustaka (kalo temen-temen mau nyari sumber bacaannya):
American Institute for Cancer Research.(1997).Food, Nutrition and the Prevention of Cancer: a Global Perspective. USA: World Cancer Research Fund in Association With American Institute for Cancer Research
Brown, D & Edward Helen. (2005). Lewi’s Medical-Surgical Nursing: Assessment and Management of Clinical Problems. Australia: Elvesier
Klemm, P. R., & Hurst, M. N. (2009). Cancer pathophysiology. S. Newton., M. Hickey., & J. Marrs (Eds.), Mosby’s oncology nursing advisor a comprehensive guide to clinical practice (pp 14-30). St Louis: Mosby Elsevier
Lewis, Sharon L., et.al.(2007).Medical Surgical Nursing: Assesment and Management of Clinical Problems. China: Mosby Elseiver
Matfin, Glenn., Porth, Carol Mattson.(2009). Pathophysiology Concept of Altered Health Status. 8th Edition. North America: Lippincott Williams & Wilkins
untuk data jumlah kasus kanker bisa cek diweb riskesdas RI dan WHO.