Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) adalah lembaga independen pelaksana Akreditasi rumah sakit yang bersifat fungsional, non struktural yang mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan Akreditasi di Indonesia. Rumah sakit sebagai institusi kesehatan perlu terus meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Peningkatan mutu dan keselamatan pasien merupakan proses kegiatan yang tidak pernah berhenti dan harus selalu dilakukan oleh rumah sakit di Indonesia.
Akreditasi rumah sakit di Indonesia dilaksanakan sejak tahun 1995. Saat ini, Akreditasi rumah sakit mengacu pada standar nasional Akreditasi rumah sakit.Komisi Akreditasi rumah sakit adalah badan penyelenggara akreditasi nasional yang disebut standar nasional akreditasi RS (SNARS edisi 1) berisi 16 Bab yang terdiri dari Bidang manajemen,Medis, dan keperawatan.Rumah Sakit Kanker “Dharmais” telah memenuhi SNARS edisi 1 dengan paripurna pada Mei 2018. Hal tersebut dilaksanakan sebagai upaya RSKD meningkatkan pelayanan dan keselamatan pasien sesuai standard nasional Akreditasi Rumah Sakit. Dalam terakreditasinya Rumah Sakit tingkat Nasional, maka harus dilakukan Survei Akreditasi SNARS Edisi 1 untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien sesuai Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit. RSKD berkomitmen untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, oleh karena itu perlu dilakukan Survei Akreditasi Internasional SNARS edisi 1 untuk menjamin konsistensi pelaksanaan pelayanan sesuai Standard Nasional Akreditasi Rumah Sakit.
Survei Akreditasi Internasional di RS Kanker “Dharmais” tujuan diadakan survey adalah Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi tenaga kesehatan di rumah sakit tentang Standar Akreditasi Rumah Sakit . Meningkatkan implementasi oleh rumah sakit terhadap Standar Akreditasi Internasional Rumah Sakit Meningkatkan konsistensi rumah sakit dalam melaksanakan mutu dan keselamatan pasien sesuai standar Akreditasi Rumah Sakit Survey berlangsung dari tanggal 16 Desember 2019 sampai dengan 20 Desember 2019.