RS Kanker Dharmais melaksanakan syukuran Ulang Tahun ke- 26 yang bertemakan The Best Cancer Center in Asia Pasific: Caring With Heart  pada Rabu, 30 Oktober 2019 di Auditorium RS. Kanker “Dharmais”.

Dalam kegiatan kali ini Menteri Kesehatan berkesempatan hadir untuk mengucapkan selamat secara langsung kepada Jajaran Direksi dan Seluruh Pegawai RS. Kanker “Dharmais”, pada kesempatan itu Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, SpRad(K)RI menekankan bahwa saat HUT ini menjadi waktu yang tepat untuk menilai diri apakah amanat sebagai Pusat Kanker Nasional sudah dilaksanakan dengan optimal dan memberikan kontribusi nyata dalam penanggulangan kanker di Indonesia, saat ini juga paling tepat untuk mulai membangun sebuah branding baru sebagai Pusat Kanker Nasional Indonesia yang disegani oleh Pusat Kanker negara-negara lain, namun jangan lupa untuk membangun jejaring kanker nasional dengan berbagai RS di Indonesia yang mempunyai unggulan kanker, karena inilah tugas utama RS Kanker Dharmais sebagai Pusat Kanker Nasional.

Pak Menteri Kesehatan memimpikan terwujudnya sistem rujukan kanker yang tertata dengan baik di Indonesia sehingga dapat menurunkan pengeluaran negara untuk pengobatan kanker, yang saat ini sudah menduduki peringkat ketiga dalam pengeluaran BPJS untuk penyakit kanker. Beliau juga  berpesan tentang upaya down staging cancer. Sampai saat ini sekitar 70% pasien-pasien kanker yang datang berobat ke RS sudah dalam stadium 3 dan 4, tentunya dengan angka harapan hidup yang rendah serta membutuhkan biaya besar untuk pengobatannya. Seandainya RS. Kanker Dharmais dapat menurunkan staging cancer dan meningkatkan angka harapan hidup kanker maka  biaya yang dikeluarkan untuk pengobatannya dapat ditekan. Menjadikan Dharmais sebagai Pusat Kanker Nasional yang setara di level Asia menjadi isu menarik karena harapannya mampu menahan devisa negara ke luar negeri, diharapkan Dharmais dapat menarik pasien-pasien Non BPJS baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga dapat lebih mandiri dan tidak hanya berorientasi terhadap pasien BPJS.

Di akhir kata Beliau menyampaikan “Selamat mensyukuri ulang tahun ke-26 kepada RS Kanker Dharmais, teruslah berkarya memberikan upaya terbaik bagi bangsa Indonesia. Selamat untuk semua yang telah diraih hingga saat ini, semoga benar-benar menjadi Pusat Kanker Nasional yang setara di tingkat Asia”.