Seperti tahun tahun sebelumnya, tahun ini rumah sakit tercinta Rumah Sakit kanker “Dharmais” memasuki tahun ke-26. Dan dalam rangka Hari Ulang Tahun RSKD ke-26 , RS Kanker Dharmais mengadakan acara seminar awam yang diadakan pada hari kamis, 19 september 2019. Acara ini disponsori oleh salah satu produk nutrisi di Indonesia, seminar digelar di auditorium mulai jam 7.30 sd 11.00 WIB.
Acara seminar dimulai tepat pukul 08.00 dan diawali dengan pembukaan oleh Wakil Ketua HUT dan dilanjutkan oleh Direktur Umum RS. Materi yang diberikan dibagi dalam 2 sesi. Sesi pertama dimulai dari pengetahuan awal mengenai kanker itu sendiri, dilanjutkan dengan deteksi awal kanker kandungan, kanker payudara. Sesi kedua dilanjutkan mengenai pencegahan dimulai dari vaksinasi, pola makan sampai gambaran kanker pada anak. Narasumber untuk acara ini disampaikan oleh pakar/ahli Onkologi dari para dokter yang bekerja di RS Kanker Dharmais
Dengan dimoderatori oleh dokter ahli paru, dr. M alfin H, Sp.P para pembicara menyampaikan materi dan diskusi dengan peserta. Sesi pertama dimulai dengan materi mengenai “Mengenal lebih dekat tentang kanker” yang dibawakan oleh salah satu staf di KSM Hemato-onkologi dr Nia Novianti Siregar, Sp.PD. Pembicara memberi penjelasan kepada masyarakat mengenai : apa itu kanker , angka kejadian, penyebab dan faktor resiko, tanda & gejala kanker, bagaimana cara menegakkan penyakit kanker, tatalaksana secara umum dan cara pencegahan
Pembicara berikutnya disampaikan oleh ahli onkologi kandungan dr Rendi Indraparana, Sp.OG . beliau memberikan pengetahuan mengenai “Deteksi Dini Kanker Servix”, apa itu kanker servix, mengapa kanker servix ini terlambat diketahui, penyebabnya, apa faktor resikonya, dan bagaimana cara mencegah kanker servix. Tak ketinggalan materi mengenai kanker terbanyak dan ditakuti oleh para perempuan yaitu kanker payudara yang dibawakan oleh ahli bedah kanker dr Rian Fabian, SpB.Onk. Beliau mengenalkan apa itu kanker payudara, faktor resiko, stadium pada kanker payudara, tatalaksana pada kanker payudara, dan penjelasan bahwa deteksi awal kanker menjadi proteksi terbaik, disertai dengan penjelasan beberapa cara pemeriksaan awal untuk deteksi dini, dan deteksi awal yang murah dan mudah yaitu dengan SADARI.
Sesi kedua berisi mengenai pencegahan yang pertama diisi oleh Dr. dr H Indah Sp.PD-KAI, isi materinya tentang Peran vaksinasi dalam pencegahan kanker, dr Indah menjelaskan mulai dari betapa pentingnya vaksinasi pada orang dewasa, tujuan imunisasi, macam imunisasi pada dewasa, jenis vaksin kanker mulai dari vaksin pencegahan, vaksin penunjang sampai untuk terapi .
Selanjutnya materi tentang “Memilih Makanan Sehat: Antara Mitos dan Kenyataan Pada Kanker” yang disampaikan oleh ahli gizi di RS Dharmais Dr. dr Ririn hariani, Sp.GK, yang pertama mengenai hubungan antara faktor resiko kanker dengan gaya hidup dan pola makan , beberapa mitos atau fakta makanan dan kanker termasuk Apakah gula memberi makan kanker, Apakah jus penyembuh semua kanker, Mitos tentang daging merah, diet alkali, makanan organik dan sebagainya, beliau berpesan bahwa yang terbaik adalah Diet sehat dengan gizi seimbang.
Pembicara terakhir dari ahli onkologi anak , dr M Aisyi, Sp.A(K) , hal yang disampaikan oleh ahli kanker anak sekaligus kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan ini, bahwa kanker pada anak bisa disembuhkan, dan sembuh saja tidak cukup, lebih baik bisa sembuh dengan biaya minimal. Untuk itu beliau mengajak adanya kolaborasi penelitian tentang kanker anak dari berbagai disiplin kerja.