Kunjungan Special Rapporteur On The Right Of Everyone To the Enjoyment Of The Highest Attainable Standard Of Physical And Mental Health (SR On Health) dari Dewan HAM PBB ke RS Kanker “Dharmais”

Jakarta – Sebagai salah satu tujuan dalam kunjungannya ke Indonesia, SR on Health : dr Dainius Puras dari Dewan HAM PBB bersama rombongan didampingi Tim dari Kementerian Kesehatan RI berkunjung ke RS Kanker “Dharmais” pada tanggal 23 Maret 2017 Pukul 17.00 WIB, adapun tujuan kedatangannya adalah untuk mendapatkan gambaran terkait penanganan penderita HIV AIDS. Acara kunjungan tersebut dihadiri oleh dr. Irena Sakura Rini, SpBP-RE, MARS selaku Kepala Bidang Medik , dr Lyana Setiawan Sp.PK selaku Kepala Instalasi Patologi Klinik, dr Elfira selaku Kepala Seksi Peningkatan dan Pengendalian Mutu Pelayanan Medik, dr Sariasih Arumdati MARS serta dr Haridana Indah S Mahdi Sp.PD.KAI, kegiatan kunjungan dimulai dengan mendengarkan presentasi oleh dr Haridana Indah S Mahdi, Sp.PD KAI terkait penanganan penderita HIV AIDS di RS Kanker “Dharmais” dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dr Dainius Puras beserta rombongan cukup antusias mengikuti acara presentasi tersebut.
Setelah mendengarkan presentasi, rombongan menuju Instalasi Patologi Klinik di pandu oleh dr Lyana Setiawan Sp.PK, untuk mendapatkan gambaran terkait penanganan pemeriksaan laboratorium untuk penderita HIV di patologi klinik RS Kanker “Dharmais”. Acara selanjutnya rombongan meninjau lokasi poliklinik dan berdiskusi dengan Prof. DR. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD,KAI,FACP, untuk mendapatkan gambaran penanganan pasien HIV di poliklinik.
Acara kunjungan diakhiri dengan sesi foto bersama, SR On Health : dr Dainius Puras mengucapkan terimakasih atas sambutan yang diberikan oleh pihak RS Kanker “Dharmais”.
Selain kunjungan ke Jakarta rombongan juga akan berkunjung ke lokasi lain di Indonesia, seperti Padang, Labuan Bajo dan Jayapura. Adapun isu yang akan dibahas oleh SR On Health adalah terkait Sustainable Development Goals (SDGs), Jaminan Pelayanan Kesehatan (BPJS), Kesehatan Ibu dan Anak (Kematian Ibu dan Balita), Kesehatan Seksual dan Reproduksi, Kesehatan Jiwa (isu pasung), HIV AIDS, Narkoba dan Pelayanan Kesehatan Kepada Kelompok Rentan.

One thought on “Kunjungan Special dari Dewan HAM PBB ke RS Kanker “Dharmais”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *