Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) adalah kerjasama antara pemerintah dena Badan Usaha dalam penyediaan infrastruktur untuk kepentingan umum dengan mengacu pada spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Menteri/Kepala Lembaga/Kepala Daerah/BUMN/BUMD, yang sebagian atau seluruhnya menggunakan sumberdaya Badan Usaha dengan memperhatikan pembagian risiko diantara para pihak.

Prevalensi penyakit kanker dan kematian akibat kanker di dunia semakin meningkat dari tahun ke tahun, di Indonesia penyakit kanker merupakan masalah kesehatan nasional.
Pada Renstra Kementerian Kesehatan tahun 2015 – 2019 “Meningkatkan Pengendalian Penyakit” merupakan salah satu sasaran pokoknya, pembangunan Tower A dan Tower B di RS. Kanker “Dharmais” kedepannya akan membantu peningkatan cakupan pelayanan kanker, pengembangan fasilitas pelayanan kanker, penelitian kanker dan pendidikan terkait kanker yang tentunya akan mendorong Penanggulangan Penyakit Kanker Nasional dimana hal tersebut sesuai dengan sasaran pokok dari Kementerian Kesehatan tersebut.

Dasar Pertimbangan Rencana Pengembangan Tower A dan Tower B di RS. Kanker “Dharmais” :
1. Kontribusi konkrit RSKD dalam Penanggulangan Kanker Nasional
2. Menjawab Kebutuhan Masyarakat terhadap Pelayanan Kanker
3. Pemenuhan Kebutuhan Dokter Onkologis

Berdasarkan berbagai pertimbangan tersebut, RS. Kanker “Dharmais” ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan yang bekerjasama dengan Bappenas untuk melakukan pengembangan dalam bentuk KPBU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *