Edukasi Kebersihan Tangan Kepada Pasien, Pengunjung, dan Karyawan di Rawat Jalan

RS Kanker “Dharmais” Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun PPNI Ke 43

 

Dalam rangka memperingati HUT PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Ke 43 dengan Tema “Gerakan Perawat Mendukung Masyarakat Hidup Sehat”, Pada hari Jum,at Jam 07.30 – 09.00 WIB, tanggal 17 Maret 2017 bertempat di Lobby Utama dan Poli Onkologi Lantai 2. Dewan Pengurus Komisariat PPNI  RS Kanker “Dharmais” bekerjasama dengan Infection Prevention Control Nurse (IPCN), HIPPI, HIMPHONI,  beserta Unit Kerja terkait, mengadakan Edukasi Kebersihan Tangan kepada  pasien, pengunjung dan karyawan di area rawat jalan.

Acara yang dihadiri oleh Direktur Utama, Direktur Umum dan Operasional , Direktur SDM dan Pendidikan , Supervisor Teknis Keperawatan, Ketua Komite Keperawatan, IPCN  dan Ketua DPK PPNI RS Kanker “Dharmais” serta pasien, pengunjung dan karyawan yang berjumlah sekitar 400 orang berlangsung dengan meriah. Sebelum dilakukan edukasi, setiap peserta dibagikan flayer tentang 6 langkah kebersihan tangan dan Handrub.

Pada kesempatan pertama acara dimulai dengan pemberian kata sambutan oleh Ketua DPK PPNI RS Kanker “Dharmais”  Ubed Djubaedi, S.Kep,Ns , kemudian dilanjutkan dengan Sambutan oleh Direktur Utama RS Kanker “Dharmais”, Tarian Hand Hygene oleh Duta Hand Hygiene RS Kanker “Dharmais”, serta Presentasi Tentang Pentingnya Melakukan Kebersihan Tangan Untuk Mencegah Terjadinya Infeksi, dan demontrasi sekaligus praktek 6 Langkah  Kebersihan tangan secara missal, dipandu oleh Fasilitator (IPCN, Duta Hand Hygiene). Presentasi oleh Jusnimar, S.Kep, Ns,   di area Lobby dan oleh Ririt Fakta Laviana, S.Kep, Ns, MKM,  di ruang tunggu Poliklinik Onkologi Lantai 2.

Dalam sambutannya, Direktur Utama RS Kanker “Dharmais” – Prof. dr. H.Abdul Kadir ,Ph.D, Sp.THT.KL (K) MARS mengatakan pentingnya pasien, pengunjung dan karyawan melakukan kebersihan tangan sesuai dengan 6 Langkah cara mencuci tangan untuk menghindari terjadinya infeksi nosokomial antara pasien dan pengunjung serta karyawan. Selain itu, beliau menekankan pula pentingnya berperilaku CERDIK (Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik (olahraga), Diet sehat gizi seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress) untuk mencegah penyakit kanker.

Selain itu acara ini juga untuk mendukung Gerakan Cuci Tangan Se Indonesia secara serentak di waktu yang sama untuk memecahkan rekor MURI. Acara ditutup dengan sesi foto bersama para Direksi dengan seluruh peserta dan panitia acara pada jam 09.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *