ALUR TEKNIS REGISTRASI KANKER
1.Pengumpulan (ekstraksi) sumber data
Data yang di ekstraksi diperoleh dari berbagai departemen/instalasi di Rumah Sakit tersebut yaitu: Sistem Informasi Rumah Sakit, Rekam Medik, Patologi Anatomi, Radioterapi, Radiodiagnostik/Radiologi, Patologi Klinik, Radioterapi, Farmasi, Instalasi Gawat Darurat, Rehabilitasi Medik, Kejiwaan, Gizi klinis, Jantung, Pemulasaraan Jenazah, Unit Follow Up, Unit Paliatif, Kelompok Staf Medik Fungsional (SMF) Anak, dan departemen/instalasi lain yang mungkin menemukan kasus keganasan.
2.Abstraksi data
Data dari berbagai sumber digabungkan menjadi satu file (kompilasi data), dikombinasi dan menghilangkan duplikasi data, lalu diabstraksi di dalam lembar abstrak SRiKandI.
Pada tahap abstraksi data, lembar abstrak SRiKandI dilengkapi dengan mengekstrak data dari status rekam medik.
3.Koding dan Pengendalian Mutu
Setelah diabstraksi, data dikoding sebelum dilakukan verifikasi I. Verifikasi I dilakukan pada lembar abstrak dengan memeriksa kesesuaian data antar variabel dengan memperhatikan informasi penting lainnya.
Kemudian data dientri kedalam software CanReg. Selanjutnya, dilakukan verifikasi II untuk menilai kembali kesesuaian antar variabel termasuk dengan gambaran epidemiologi kanker menurut fitur pengendali mutu dalam software CanReg.
Data yang masih meragukan dikonsultasikan ke validator. Jika tidak ada data yang meragukan, tetap dilakukan validasi sampel data untuk menilai kualitas data.
Data kasus kejadian kanker divalidasi dengan angka kematian oleh karena penyakit kanker yang ada di rumah sakit dan di masyarakat (data DCO/Death Certificate Only).
4.Manajemen data
Pada tahap ini, dilakukan stratifikasi kualitas data sesuai dengan standard WHO-IARC-IACR.
5.Analisis dan pelaporan data
Dilakukan pengolahan data univariat, bivariat dan multivariat. Pengolahan data univariat dilakukan untuk menghasilkan data deskriptif epidemiologi seperti tingkat morbiditas, jumlah mortalitas, dan harapan hidup. Data dapat dipergunakan untuk berbagai jenis penelitian sebagaimana fungsi data tersebut.